Mau belajar tutorial dan dapatkan template gratis yang keren?
leotemplates.us
Advertisement 970x90

Saksikan Supermoon pada Tanggal 9 September ini

Saksikan Supermoon pada Tanggal 9 September ini

TecnPedia - Fenomena supermoon yang terjadi pada Minggu (11/8/2014), muncul berbeda dari biasanya. Kali ini, bulan yang terlihat di langit, nampak lebih besar dari penampakan supermoon sebelumnya.

Hal ini disebabkan karena dua hal, pertama fenomena ini dikenal sebagai bulan perigee secara astronomi, yakni bulan yang berada pada titik terdekat  dengan Bumi. Lazimnya, bulan berjarak sekira 30.000 kilometer dari Bumi, sedangkan kemarin jaraknya sekitar 863 mil lebih dekat.

Dilansir Independent. Kedua, supermoon pada minggu kemarin menjadi penuh (purnama) bersamaan dengan dengan titik perigee orbitnya, sehingga tampak lebih besar dan lebih terang.

Hujan meteor perseid juga terjadi di hari yang sama, tetapi fenomena supermoon yang membuat langit cerah mengaburkan pemandangan dari hujan meteor itu.

"Cahaya terang bulan membuat  fenomena hujan meteor perseid menjadi tidak begitu terlihat, karena hujan meteor itu baru akan jelas disaksikan ketika langit gelap," kata Dr Bill Cooke dari NASA.

Bagi yang belum sempat menyaksikan fenomena supermoon yang terjadi kemarin. Supermoon terakhir kali dapat dilihat pada 9 September 2014.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Blog yang mengupas berita sains dan teknologi, sesuaikan berita dan berkomentar dengan sopan. Kesopanan Anda tentu menjadi kehormatan kami.

Thanks For Your Comment Here